panel listrik

   

Halaman Utama

    Produk  

Link        

 Kontak Kami        

Free Demo 

 Download

   
 


Sistem Monitoring dan Kontrol Industri

Parameter Input Output dari Proses Produksi

Beberapa parameter input dan output yang seringkali dipergunakan sebagai tujuan pembuatan sistem kontrol dan monitoring adalah tentang hal atau proses tentang :

  • Kontrol dan Monitoring Volume
  • Kontrol dan Monitoring Tekanan
  • Kontrol dan Monitoring Temperatur
  • Kontrol dan Monitoring Proses
  • Kontrol dan Monitoring Energy

Peralatan Hardware dan Software yang kami pasang mempunyai nilai investasi 10 -15 tahun dalam hal mensupport pengembangan sistem dengan kemampuan upgrade karena tersediannya sistem komunikasi protocol dan perangkat lain. Produk kami  merupakan produk dengan beberapa sensor digital analog, yang oleh penggunaan software komputer, besaran tersebut kami proses untuk mendapatkan kondisi terukur dan proses produksi yang dinginkan.

Kontrol dan Monitoring Volume

 

 tank control monitor

Sistem kontrol dan monitoring  level  ( volume ) dilakukan untuk mengontrol dan  memonitor jumlah atau volume atau level suatu tangki, sehingga diharapkan proses dapat dikontrol dan  termonitor secara real time  baik dalam proses setting produk, process running, dan hasil proses produksi. Sistem kontrol dan monitoring ini dilakukan karena seringnya kesalahan dan sering terjadinya kesalahan pendataan yang terjadi saat dilakukan secara manual.

Kami melakukan pemasangan sensor pada tangki, penambahan modul kontrol dan membuat tampilan proses pada layar komputer, serta melakukan pemrograman dengan software sehingga proses produksi dapat dilakukan secara mudah, otomatis, cepat, dengan data-data proses akan termonitor lengkap dengan histori data real time.

 

Hubungi kami  untuk presentasi dan demo produk : 0276-324189 atau  088210031801 atau  081280184752

atau kirim email ke kami : admin@alfaperkasaengineering.com

 

Kontrol dan Monitoring Temperatur

Sistem monitoring temperatur multichanel dan multipoint mempunyai peranan yang sangat penting dalam berbagai aspek.  Pengukuran temperatur multichanel dan multipoint sangat banyak digunakan untuk mengontrol perubahan temperatur di proses blending tangki , mesin extruder, injection mold, ruang transformator pada industri, pendingin ruangan mall, atau  gedung dimana dibutuhkan kestabilan temperatur.

Kontrol dan Monitoring Pemakaian Listrik

Pengoperasian listrik untuk system lighting, chiller, genset, boiler, compressor, sumpit pump, water pump tank, colling tower, fan, blower yang digunakan pada suatu bangunan komersial atau industri selama ini  sebagian masih menggunakan system konvensional yaitu dengan kontrol panel lokal . Dimana seluruh aktivitas pengoperasian dan monitoring ( menghidupkan dan mematikan unit, memonitor pengukuran, troubleshooting, dan pencatatan kejadian ) dilakukan secara manual menggunakan panel lokal dan tenaga manusia. Hal ini tentu saja berdampak pada  effisiensi waktu, tenaga dan cost energi listrik.

HVAC Monitoring

 Semakin banyak dan kompleknya system kelistrikan di bangunan atau pabrik, akan sangat menyita energy listrik. Oleh karena itu perlu adanya solusi system monitoring dan control pemakaian energi listrik.

Sistem kontrol dan  monitoring yang kami rancang adalah berupa pemasangan modul controller yang akan mendeteksi unit, melakukan pengontrolan proses dan membuat schedule event operasional unit dengan menggunakan software dimana unit akan bekerja secara otomatis dari ruang kontrol.

 

Perangkat Control dan Monitoring System

Monitoring

Control dan  Monitoring System adalah program dan perangkat komputer yang mengatur dan memonitor seluruh sistem dan perangkat lain secara terintegrasi.

  • Unit Human Interface
  • Unit Web Server
  • Unit Power Supplai
  • Unit  Main  Controller
  • Unit Input Output Module  

Hubungi    kami  untuk   presentasi dan    demo produk : 0276-324189 atau  087805401860 atau  081218127854

 

Persiapan Yang Kami lakukan

  • Presentasi produk dan demo simulasi
  • Pendataan dan survei unit  
  • Pembuatan panel kontrol dan wiring cable.
  • Penarikan kabel kontrol dan kabel power.
  • Pemrograman dan pembuatan HMI - SCADA
  • Test  dan komisioning

 

Aplikasi  Kontrol Monitoring  pada Industri

Dalam proses produksi biasanya melibatkan unsur mesin dan manusia yang menjalankannya. Dan selain 2 unsur produksi itu masih terdapat unsur berupa metoda, uang dan management. Untuk tercapainya tujuan tersebut seringkali unsur mesin, metoda dan manusia saling berkaitan dalam menunjang proses produksi. Metoda dalam pengoperasian dan penanganan gangguan mesin seringkali juga tidak sepenuhnya mampu mendapatkan effisiensi proses ataupun produksi dikarenakan beberapa kesalahan dalam hal monitoring proses  dan sistem produksi yang cenderung diamati secara langsung ( manual melalui visual ) ke lapangan yang cenderung lemah dan tidak ditunjang dengan monitoring otomatis terhadap besaran-besaran operasi mesin yang seringkali berubah-ubah ( misal temperatur, waktu, volume )

Oleh karena itu kami mempersiapan rancang bangun yaitu berupa  sebuah kontrol  dan monitor secara otomatis yang mampu menggambarkan keadaan sesungguhnya dari proses dan sistem produksi sesuai yang direncanakan.

Monitor Produksi secara Real Time

Memonitor produksi merupakan kegiatan mengawasi aktivitas proses produksi untuk mendapatkan data pada proses yang sedang berjalan sehingga proses produksi tersebut dapat berjalan dan menghasilkan produk sesuai yang diinginkan. Semua data hasil pengawasan yang didapatkan akan dipergunakan sebagai evaluator penting untuk proses dan aktivitas produksi selanjutnya.

Sistem monitoring yang kami rancang adalah berupa tampilan data hasil pengawasan  dimana hasilnya kami tampilkan ke layar operator secara online dalam bentuk kejadian, aktivitas, proses, berita dan laporan.

monitoring produksi

Sistem yang kami rancang  merupakan perangkat hardware dan software yang terintegrasi ke semua instalasi mesin dan proses produksi  yang bekerja selama 24 jam 7 hari seminggu yang mencatat, merespon, dan memberikan informasi secara real tentang keadaan yang sedang terjadi.  Yaitu :

  • Monitoring jumlah produksi dan effisiensi sistem dalam proses produksi
  • Monitoring kejadian abnormal yang muncul selama proses produksi berjalan baik mesin, pekerja ( operator )
  • Memonitor  efektifitas, kemampuan dan keandalan perencanaan produksi dan perangkat anda.

Manfaat Sistem Kontrol dan Monitoring

Andon Display Monitor


Memperbaiki Effisiensi Produksi 

Ketika sistem monitoring dalam proses produksi lemah maka akan terjadi pemborosan waktu, un-effisiensi, lack-of target, trouble of machines yang merupakan kerugian besar bagi produksi.  Kami merancang sistem untuk :

  • melakukan tindakan koreksi pada saat terjadi kesalahan dengan memberikan sinyal ke operator atau team produksi.
  • memberikan effisiensi waktu kepada team leader untuk memonitoring situasi dan melakukan banyak tugas untuk perbaikan semua gejala abnormal dalam proses produksi.
  • memberikan team operasi produksi cara monitoring peralatan dan operator secara lebih efektif.
  • memudahkan operator dalam melakukan pekerjaan hanya dengan melihat hasil produksi pada layar monitor ( target, effisiensy, downtime status, dsb ) dan memberitahukan kondisi mesin normal atau tidak.

Bagi pihak management seluruh data aktivitas dan kondisi akhir proses produksi bisa dipantau secara online melalui jaringan komputer yang menggambarkan keadaan mesin produksi, effisiensi, yang akan sangat membantu untuk pembuatan keputusan dalam proses produksi, termasuk juga kemampuan, kapasitas dan pengaturan produksi. Informasi online bisa juga dipakai sebagai pertimbangan tentang biaya investasi pada saat pengembangan proses produksi. 

 

Hubungi kami  untuk presentasi dan demo produk : 0276-324189 atau  088210031801 atau  081280184752

atau kirim email ke kami : admin@globalcameracctv.com

 

Memberikan  Informasi untuk Pengambilan Keputusan

Dengan penggunaan monitoring produksi Anda dapat meningkatkan effisiensi peralatan produksi yaitu dengan identifikasi semua kesulitan vatal ( breakdown time, lost of target,  un-effisiensi ) dalam proses produksi Anda. Anda akan dapat melihat mengevaluasi semua kemampuan produksi dari semua mesin-mesin Anda. Sistem monitoring produksi juga akan membantu Anda menilai performance mesin Anda dan menjadi dasar analisa dalam membuat keputusan pengembangan mesin-mesin produksi.

Penggunaan  Andon sebagai Alat Monitoring


  • Pembuatan Tombol Fungsi Operasi Mesin ( Start - Stop , Auto, Manual, Run dsb ).
  • Pembuatan Monitoring Data Pengukuran Proses ( Kwh meter, Ampere, Tegangan, Flow Meter, Tekanan Gas, Level Tangki dsb )
  • Pembuatan Record Data setiap Kejadian dalam bentuk Database dari setiap aktivitas dan kejadian ( baik event atau alarm ) yang dilakukan atau terjadi dalam gedung, atau bangunan.
  • Pembuatan proses otomatisasi kontrol gedung untuk effisiensi pekerjaan dan memudahkan pengontrolan serta monitoring seluruh kegiatan dan proses kerja sebuah gedung.
  • Pelaporan kejadian secara real time ( pada saat itu juga ) terhadap kerusakan, ketidaknormalan sistem dan proses kerja sistem.

Keuntungan Langsung Penggunaan Sistem Andon

Andon merupakan sistem komputer terintegrasi untuk memberikan signal, penggambaran dan laporan setiap kejadian yang terjadi  pada jalur produksi. Andon meyediakan kecepatan, kemudahan, dalam pemberian signal warning ke team    ( baik management ataupun operator  ) tentang kejadian tidak normal pada area produksi mereka.  Salah satu hal penting dalam proses quality control adalah tentang kecepatan menghentikan mesin saat terjadi kesalahan dan segera melakukan perbaikan.

Andon yang kami rancang menggambarkan 4 proses eksekusi yang dikerjakan sebagai tindakan segera atas ketidaknormalan proses produksi

  • Deteksi gejala abnormal
  • Stop
  • Betulkan atau koreksi secepatnya 
  • Investigasi akar permasalahan dan lakukan perbaikan .

Sistem Andon yang kami rancang merupakan instalasi penting untuk menciptakan produksi dengan nol kerusakan ( zero defect ). Dengan sistem Andon Anda akan dapat melakukan perbaikan secara terus menerus demi perbaikan kualitas produksi, menemukan kesalahan dan memperkecil penyebab kerusakan.  Melalui penggunaaan Andon Anda akan memperoleh sistem yang melakukan pendeteksian kesalahan atau kerusakan selama produksi.  Saat ketika kerusakan terdeteksi, personal produksi akan melakukan tindakan segera.Proses terhentinya produksi yang menyebabkan kerugian akan memberikan keuntungan untuk secepatnya menemukan problem secara cepat.

Keuntungan Langsung Penggunaan Sistem Andon

  • Kontrol produksi
  • Operator mempunyai wewenang untuk " stop call wait "
  • Pelaporan kerusakan dan melakukan koreksi, operator dapat membuat laporan kesalahan sesegera mungkin dan mengambil tindakan terhadap penyeban kesalahan.
  • Merancang suasana kerja dengan problem yang cepat terdeteksi dan untuk mendapatkan effisiensi pekerjaan.

Instalasi, wiring dan konfigurasi sistem Andon.

  

  • Membuat program yang akan mengatur target operasi unit mesin  produksi sehingga akan berdampak dalam memperkecil material reject, mempercepat penanganan gangguan kerusakan mesin ke maintenance, monitoring target dan kontrol effisiensi yang akan dicapai. Program akan secara otomatis menampilkan data target, downtime produksi secara otomatis dan menampilkan target plan selanjutnya pada layar monitor.
  • Membuat  instalasi panel operator untuk memasukan data hasil produksi yang menyangkut data hasil produksi, status on/off mesin produksi, pemakaian listrik, operasi, dan informasi lain sehubungan yang menunjang sistem informasi dalam jajaran management produksi, maintenance dan operasional lainnya.
  • Membuat  sistem  informasi yang berguna dalam menunjang aktivitas produksi terutama yang berhubungan dengan effiesiensi, kemudahan, dan kelancaran seperti target shift, downtime, dan atau material.

 

 

Hubungi    kami  untuk   presentasi dan    demo produk : 0276-324189 atau  087805401860 atau  081218127854